Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) merupakan unit pelaksana teknis yang tugas utamanya adalah melaksanakan tugas koordinasi penyusunan program, melaksanaan program pengembangan bahasa sebagai unsur penunjang akademik, serta menyampaikan laporan realisasi program yang telah ditetapkan. PPB dipimpin oleh seorang kepala yang diangkat oleh dan bertanggung jawab kepada Rektor, dan dibantu oleh beberapa divisi pengembangan bahasa Arab dan Inggris.

Visi

Terwujudnya IAIN Tulungagung sebagai perguruan tinggi yang berkualitas internasional yang ditandai dengan terwujudnya civitas akademika yang memiliki kompetensi dan profisiensi bahasa Inggris dan bahasa Arab yang baik dan mampu berkompetisi di kancah pergaulan global.

Misi

  1. Mengembangkan pemelajaran bahasa Inggris dan bahasa Arab yang efektif khususnya bagi Prodi non Pendidikan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.
  2. Menyelenggarakan pelatihan dan tes profisiensi Bahasa Inggris dan Bahasa Arab baik bagi civitas akademika maupun masyarakat umum.
  3. Membantu mewujudkan bahasa Inggris dan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar perkuliahan dan pergaulan di kampus untuk mencapai perguruan tinggi yang berkualitas internasionial.
  4. Mengembangkan sumber belajar dan lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran bahasa Inggris dan bahasa Arab.
  5. Menyelenggarakan pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia dan Islam nusantara untuk mahasiswa internasional.

Fungsi PPB

  1. Menyusun rencana/program pengembangan bahasa.
  2. Menyelenggarakan kursus kemampuan dan ketrampilan bahasa bagi dosen dan mahasiswa.
  3. Menyelenggarakan kursus TOEP dan TOAP bagi dosen dan mahasiswa.
  4. Menyelenggarakan pre-test dan post-test TOEP dan TOAP bagi mahasiswa.
Bagikan informasi ini!